Langsung ke konten utama

Tips dan Trik Trik Belanja Kebutuhan Rumah



Minggu, 05 Februari 2012 , 12:22:00
 
1.Buat daftar menu pilihan dan bisa digunakan pula sebagai daftar belanjaan.

2.Agar Anda dapat menghemat waktu dan berbelanja secara efisien, pisahkan daftar belanjaan sesuai dengan jenisnya. Misalnya, sayuran, bumbu, susu, obat-obatan dan lainnya.

3.Jangan lupa pula membuat daftar jumlah, ukuran, merek yang diinginkan.

4.Beli sesuai kebutuhan keluarga. Ingat, berapa besar bujet Anda dan juga berapa besar tempat di rumah yang dapat digunakan untuk menyimpan.

5.Berbelanjalah dengan tenang dan relaks. Hindari berbelanja pada saat jam sibuk atau Anda sedang tak punya cukup banyak waktu.



Tips Memasak

Biasakan untuk menggantung daging selama 10-15 menit sebelum dipotong-potong, setelah diambil dari lemari es. Dengan demikian, sarinya meresap ke seluru daging. Masa penggantungan daging akan menghasilkan daging yang kuat, keras, dan lentur sehingga dapat dengan mudah dipotong.

Jika membuat burger, buatlah di tengah-tengah burger tadi lingkaran kecil sekitar 1 cm. Lingkaran ini berguna agar burger dapat matang dengan sempurna karena dimasak dari dua arah (luar dan dalam).

Memasak ayam yang sudah dipotong-potong, mulailah dari daging ayam yang berwarna lebih gelap karena warna gelap biasanya matangnya lebih lama dibanding yang berwarna putih. Dengan demikian, ayam matang secara bersamaan.

Jangan lupa oleskan jeruk pada ikan sebelum dimasak. Air jeruk membuat ikan tambah lezat dan tak berubah warna saat digoreng.

Agar kentang atau nasi terasa lebih nikmat dan juga air rebusan tidak tumpah ke mana-mana saat mendidih, tambahkan sesendok makan mentega atau margarin ke dalam air rebusan.

Kentang tak akan berubah warna ketika direbus jika Anda memasukkan beberapa tetes cuka ke dalam air rebusannya.

Saat menggoreng kentang, jangan masukkan kentang berlebihan ke penggorengan karena hasilnya kentang akan berminyak, basah, dan tidak enak. Masukkan sedikit demi sedikit sehingga hasilnya sempurna.

Kurangi makanan Anda dari minyak yang berlebihan. Sebelum diberi minyak, taburkan sedikit garam terlebih dahulu di penggorengan.
Agar bawang cepat matang saat digoreng, tambahkanlah setengah sendok teh garam ke dalamnya.

Jika Anda memasak, mulailah dengan menumis bawang merah dan bumbu lain, terakhir baru tambahkan bawang putih. Ini untuk mencegah bawang putih tidak menjadi gosong dan menimbulkan rasa pahit pada masakan.

Masak tomat dengan panas rendah agar rasa manis yang dihasilkan tomat tidak hilang. Sebaliknya, jika memasak tomat dengan panas tinggi, tomat akan menjadi asam.

Serba-serbi Dapur

Jika makanan yang Anda masak gosong dan mengendap di penggorengan, tuang air panas ke dalam penggorengan. Jangan lupa masukkan sejumput garam ke dalamnya, lalu masak air hingga mendidih.

Dengan cara ini, bekas masakan yang menempel akan lebih mudah dibersihkan saat Anda mencuci penggorengan tersebut.

Agar kentang yang sudah dimasak tidak menempel di parutan saat diparut, sebaiknya oleskan minyak terlebih dahulu di parutan.

Mau tahu cara cepat mengupas kentang? Masukkan kentang ke dalam baskom besar kemudian tuangkan air mendidih ke dalamnya sehingga kentang terendam. Diamkan selama 5 menit kemudian ambil satu per satu, kupas dengan pisau yang tajam, kulit akan mudah terkupas.

Masih tentang kentang, supaya kentang yang dimasak dalam oven menjadi lebih cepat matang, rendamlah terlebih dahulu di dalam air yang telah diberi garam secukupnya selama 20 menit.

Seperti kita ketahui, garam membuat telur rebus menjadi keras. Karena itu, sebaiknya tambahkan sedikit garam setelah telur matang.

Jangan lupa pula memerhatikan panas saat memasak telur. Sebaiknya gunakan api sedang atau kecil untuk menghindari telur menjadi keras.

Kehabisan sambal? Ambil cabai, iris, lalu masukkan ke dalam mixer. Setelah hancur, campur dengan saus tomat. Nah, sambal buatan Anda pun siap disantap!

Postingan populer dari blog ini

Mbah Salman, Mursyid Bersahaja nan Kharismatik Wafat

Duka masih menggelayuti lingkungan Pesantren Al-Manshur Popongan Tegalgondo Wonosari Klaten. Pengasuh pesantren tersebut, KH M Salman Dahlawi wafat, Selasa (27/8) pukul 17.45 WIB, dalam usia 78 tahun. Kepergiannya membawa duka yang mendalam bagi banyak pihak, khususnya bagi kalangan Jam’iyyah Thariqah
Mbah Salman, begitu dia biasa dipanggil oleh para santrinya, merupakan mursyid Thariqah Naqsabandiyyah-Khalidiyyah. Saat ini, dia juga tercatat menjadi anggota Majelis Ifta’ (Majelis Fatwa) di Jam’iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (JATMAN). Selama hidup beliau juga pernah menjabat sebagai Mustasyar di Nahdlatul Ulama (NU).

Ajengan Nuh Karang Kitab Sunda

Sumber: http://www.nu.or.id Ajengan Nuh Karang Kitab Sunda
Dari tangan Ajengan KH Muhammad Nuh Ad-Dawami Garut, Jawa Barat, mengalir puluhan karya tulis. Umumnya menggunakan bahasa Sunda, tapi ada juga yang berbahasa Arab dan Indonesia. 
Penggunaan abjadnya ada yang berhuruf Latin, umumnya Arab Pegon. Sementara bentuk penulisannya, ada yang naratif, juga nadzom. Secara umum, karya-karya itu bernuansa tasawuf dan tauhid, di samping beberapa kitab fiqih. 
Menurut puteri ketiga Ajengan Nuh, Ai Sadidah, ada sekitar 50 buah. “Setiap bulan puasa, pasti melahirkan karya tulis. Dan kitab itulah yang akan dikaji selama sebulan,” katanya di kediaman Ajengan Nuh, Garut, Senin (11/2) lalu.
Uniknya, karya-karya pengasuh Pondok Pesantren Nurul Huda Cisurupan Garut terus itu masih ditulis tangan.

Penelitian Arkeolog, Bogor Pusat Peradaban Dunia

Mahasiswa arkeologi dari Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung meneliti Situs Gunung Sodong di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, sebagai kawasan pusat peradaban dunia. “Untuk masalah keilmuan kami serahkan kepada para ahlinya, seperti kawan-kawan dari arkeologi UI dan ITB (untuk membuktikannya), karena kami meyakini Bogor adalah pusat peradaban dunia,” kata Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturachman saat menyambut calon-calon arkeolog muda itu di Cibinong, Senin.